Folat Penting Bagi Ibu Hamil

Folat merupakan sejenis Vitamin B yang sangat penting dikonsumsi Ibu yang sedang merencanakan kehamilan dan Ibu yang sedang hamil. Mengapa? Karena kebutuhan folat lebih tinggi pada masa tersebut.

Manfaat Folat. Berdasarkan penelitian, menu makanan yang cukup mengandung Folat dapat menurunkan resiko Neural Tube Defects (NTD). NTD merupakan cacat lahir yang serius pada otak atau sumsum tulang belakang. Berdasarkan data dari United States Centers For Disease Control & prevention (CDC, 70% kasus NTD bisa dicegah bila makanan yang dikonsumsi cukup mengandung folat. Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi tambahan folat 2-3 bulan sebelum dan di awal kehamilan terbukti mengurangi resiko kelahiran bayi dengan cacat pada otak. Apalagi wanita yang mempunyai riwayat kehammilan dengan NTD ini, resikonya semakin meningkat pada kehamilan berikutnya.

Folat juga berperan penting selama kehamilan untuk perkembangan sel-sel darah merah. Kebutuhan akan folat meningkat cukup tinggi karena pembentukan sel-sel darah tambahan dan pertumbuhan jaringan yang pesat pada ibu dan bayi.

Dimana mendapatkan Folat? Anda bisa mendapatkan Folat dari sayuran hijau, seperti bayam, daun selada, kembang kol, brokoli, kacang hijau, serta kacang-kacangan, buah-buahan segar ; alpukat, pisang, dan jeruk serta minuman yang diperkaya dengan folat (minuman khusus ibu hamil).
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

Rekomendasi