ChiPs (TV Series 1977-1983)

Film Jadul ChiPs (TV Series 1977-1983). "ChiPs",merupakan singkatan dari California Highway Patrol, anda masih ingat serial ini? hmmm..haha jadi ingat waktu masih kanak-kanak ya. Serial Chips ini sangat populer ketika usia saya antara di bawah 10 tahun dan diatas 10 tahun sedikit, saya lupa tahun berapa mulai diputar di TVRI. Serial ini seingat saya diputar setelah Acara Dunia dalam Berita yahh sekitar jam 21.30 an. Chips adalah sebuah drama kriminal ringan yang diciptakan oleh Rick Rosner, seri ini dibintangi Erik Estrada (Officer Francis Llewellyn "Ponch" Poncherello) dan Larry Wilcox (Officer Jon Baker)

Tokoh-tokoh film & karakter mereka benar-benar sempat jadi idola & mengisi dunia khayalan kanak-kanak kita.. Jadi teringat dengan sepeda mini kecil bututku pemberian kakak, sambil mengitari jalan desa sambil bayangin jadi tokoh Film Chips "Ponch" sambil pura-pura ngedumel lewat HT..hahaha..kadang permainan ini juga kita lakukan ramai-ramai dengan anak-anak lain main sepeda ramai-ramai sambil kejar-kejaran..waah seru!!
Saking terkenalnya serial ini, beberapa tokoh film serial ini sempat diundang?/ atau berkunjung ke Indonesia, sesuatu yang langka terjadi pada saat itu. Saya ingat waktu itu disiarkan di TVRI, Robert Pine si pemeran Sgt. Josept Gretaer menari Jaipong & tari Bali. Dalam wawancaranya mereka terkejut karena serial ini ditayangkan pada waktu menjelang tengah malam, karena di negaranya sono serial ini adalah konsumsi anak-anak yang diputar sore hari,ketika ditanya tentang kondisi jalan raya di Jakarta pada waktu itu(tahun 1980an) mereka sempat terkejut dengan kemacetan yang ada di Jakarta...bayangkan ya..1980an..apalagi Kemacetan sekarang?? mungkin mereka Pingsan.

Film serial ini mengisahkan tentang tugas keseharian 2 pasangan Polisi Patroli Jalan raya lengkap dengan moter gedenya. Mereka berrpatroli dalam jalur jalan bebas hambatan di sekitar kota Los Angeles,San Fernando Valley dan Santa Monica. Petugas Jon Baker yang diperankan Larry Wilcox adalah petugas yang lurus, serius sementara Frank "Ponch" Poncherello yang diperankan Erik Estrada berperan sebagai pribadi bebas,konyol, santai dan sedikit urakan. Duo patroli ini mempunyai atasan Sgt. Joe Getraer (Robert Pine), yang memberi tugas dan nasihat dalam menangani setiap kasus-kasus yang mereka temui di Jalan Raya.

Dalam setiap episode selalu terdapat kompilasi dari berbagai insiden, mulai dari lucu (misalnya, pengendara terlempar ke sungai), penyelidikan kriminal (seperti pembajakan) dan insiden tragis (seperti kecelakaan jalan raya berantai, mobil terbakar, mobil saling bertabrakan kemudian saling bertumpuk) adalah menu yang menjadi daya tarik dalam serial ini.

Aspek-aspek lain dari dua jagoan Ponch dan Jon's dalam pekerjaan sehari-hari juga menjadi menu serial ini, sedangkan kehidupan sosial dari kedua petugas tersebut sering diselipkan pada saat-saat yang lebih ringan. Pada beberapa kesempatan, Ponch dan Jon yang dibantu oleh perempuan "Chippie" yang cantik...hmm sepertinya Jon dan Ponch sedikit kikuk dalam hal ini, karena sepertinya sama-sama naksir...hehe.

Beberapa Fakta

1. Erik Estrada pernah mengalami kecelakaan, tapi tidak terlalu serius, dan tidak mengharuskannya absen. Tapi, walaupun adegan kecelakaan itu terekam kamera, diputuskan untuk tidak ditayangkan.

2. Erik Estrada (Ponch) sempat beberapa kali absen dalam beberapa episode pada tahun 1981, karena ada masalah dengan negosiasi bayarannya sebagai aktor. Saat absen itu, posisinya digantikan oleh aktor lain, Bruce Jenner yang memerankan petugas patroli Steve McLeish. Setelah urusannya beres, Estrada kembali ke perannya sebagai Ponch, dan Bruce jenner keluar.

3. Pada musim terakhir, Larry Wilcox (sebagai Jon Baker), mengundurkan diri dari serial ini dengan alasan tidak cocok dengan Erik Estrada. Wilcox kemudian dikabarkan kembali ke daerah asalnya, Wyoming dan meneruskan usaha pertanian milik ayahnya. Peran Jon Baker dalam seri CHiPs digantikan oleh petugas patroli Bobby "Hot Dog" Nelson yang diperankan oleh Tom Reilly

4. Namun Tom Reilly tidak lama bermain dalam seri CHiPs karena pada bulan Desember 1982 dia ditahan polisi karena kasus kepemilikan ganja, dan perannya digantikan oleh Bruce Penhall yang memerankan kadet Bruce Nelson.

5. Banyak adegan di jalan raya dan kecelakaan besar diambil di jalan tol yang belum selesai dibangun di daerah San Fernando Valley. Ketika jalan tol tersebut sudah beroperasi, lokasi pengambilan gambar dilakukan di jalan tol Long Beach yang juga tengah dibangun pada saat itu. Beberapa adegan jalan raya juga diambil di salah satu ruas jalan tol Santa Monica yang cukup ramai, selain markas besar CHP yang berlokasi di Washington Boulevard, saat mengambil adegan rapat.

6. Pada tahun 1981, saat jeda pengambilan gambar, beberapa pemerah CHiPs mendonorkan darah untuk 2 anggota CHP yang terkena tembakan saat bertugas. Seorang petugas gugur, dan seorang lagi selamat.

7. Seluruh karakter petugas dalam film seri CHiPs adalah nama-nama yang nyata, diadopsi dari nama para petugas CHP pada saat itu.

8. Film Indonesia pernah memparodikan film ini dengan judul Chips (Cara Hebat Ikut Penanggulangan Masalah Sosial) yang disutradarai oleh A. Rizal, dan diperankan oleh trio Warkop, Sherly Malinton dan beberapa artis pendukung lainnya.

Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

0 Comments:

Rekomendasi