Mengatasi Sitemap Error Pada Webmaster Tools

Monggo di Print

Banyak sekali blog ataupun web yang membicarakan pentingnya sebuah sitemaps terhadap SEO, sebenarnya apa sih fungsinya sitemaps ini? kenapa kita harus menggunakan sitemaps? Pertanyaan itu sebenarnya adalah pertanyaan yang keluar dari diri saya sendiri beberapa waktu yang lalu (maklum saya juga masih pemula yang masih perlu banyak belajar dari para webmaster-webmaster yang lebih berpengalaman), dengan bantuan om google akhirnya saya dapat sedikit pelajaran mengenai sitemaps.
Sitemaps ternyata sangat penting buat optimalisasi search engine. Kadang kita tidak sadar bahwa ada beberapa hal yang membuat halaman blog kita tidak terindex oleh robot Google, misalnya adalah link yang jelek antara setiap page di blog kita atau karena content yang terlalu berat pada sebuah blog yang membuat googlebot tidak bisa mengindex halaman blog kita tersebut. Sitemaps dibuat untuk memudahkan Googlebot dalam mengindex seluruh isi blog atau web kita, dengan menggunakan sitemaps googlebot akan lebih mudah mengindex seluruh isi blog kita walaupun terdapat kesalahan-kesalahan yang tidak kita sadari seperti hal-hal yang saya sebutkan diatas.

Mungkin ada beberapa teman-teman yang belum tau bagaimana cara membuat sitemaps untuk blog, buat yang belum tau caranya silahkan daftar terlebih dahulu di Google Webmaster Tools, buat yang sudah punya account Google bisa langsung login menggunakan account Google anda. setelah itu ikuti langkah-langkah yang diminta seperti memasukkan alamat blog, mem’verify menggunakan meta tag dan sebagainya.
Setelah proses pendaftaran selesai pada halaman Dashboard pilihlah menu Sitemaps ----->Add Sitemaps, pada Choose type pilih Add General Web Sitemap.
Nah, disinilah masalah terjadi. Dari hasil penelusuran saya, banyak yang mengatakan bahwa untuk membuat sitemaps kita cukup memasukkan URL feed blogger kita seperti:

http://namabloganda.blogspot.com/feeds/posts/default atau
http://namabloganda.blogspot.com/atom.xml atau
feed asli blogger lainnya seperti rss.xml dan lain-lain.

Permasalahannya setelah saya coba hasilnya tetap sama yaitu status sitemaps ERROR. Nah buat teman-teman yang mempunyai masalah yang sama dengan saya, sekarang akan saya share solusi mengatasi masalah diatas.

Masalah sitemaps error pada webmaster tools ternyata terjadi karena blog menggunakan Redirected Custom Feed contohnya Feedburner. Ternyata status Sitemap Error disebabkan karena feed yang masuk ke webmaster tools bukan feed asli blog kita, melainkan feed yang telah di redirect melalui custom feed tersebut. Jadi buat yang tidak menggunakan Redirected Custom Feed bisa menggukan URL feed blogger seperti yang saya sebutkan sebelumnya.
Lalu bagaimana buat yang menggunakan Redirected Custom Feed?
Buat yang menggunakan Redirected Custom Feed tidak usah berkecil hati, untuk menggunakan sitemaps silahkan menggunakan URL feed ini:
http://namabloganda.blogspot.com/atom.xml?redirect=false

Dengan menggunakan URL feed ini, maka feed yang masuk ke webmaster tidak akan di redirect ke custom feed, tetapi feed asli blogger akan langsung dikirim ke webmaster tool. oleh sebab itu dengan menggunakan URL feed status sitemap tidak akan error.


o iya ada sedikit tambahan, URL feed hanya dapat memperlihatkan 25 link post, jadi buat teman-teman yang memiliki posting di atas 25 bisa menggunakan URL feed seperti ini:

http://namabloganda.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=100

Pada saat submit a sitemap copas saja potongan url yang berwarna hijau dibelakang url blog anda....semoga berhasil.......

source :bluefame

Description: Mengatasi Sitemap Error Pada Webmaster Tools Rating: 5.0 Reviewer: Woody Budi ItemReviewed: Mengatasi Sitemap Error Pada Webmaster Tools
Anda sedang membaca artikel Mengatasi Sitemap Error Pada Webmaster Tools dan artikel ini url permalinknya adalah http://www.frewaremini.com/2010/05/seo-mengatasi-sitemap-error-pada.html
Semoga artikel Mengatasi Sitemap Error Pada Webmaster Tools ini bisa bermanfaat.

38 comments:

  1. mas, kalo pos saya lebih dari seribu, gimana? soalnya posting saya ada yg nggak terindeks google?

    ReplyDelete
  2. waaah..kalo ngga ada sama sekali kemungkinan di ban sob...coba login dulu di webmasters/tools/crawl-access anda lalu lakukan test...kalau disallow semua kemungkinan kena banned

    ReplyDelete
  3. aq g pahm mas,newbie neh.
    mohon bimbingan,

    ReplyDelete
  4. hello! my dear friend. how are you? Just dropping by to say hello!

    ReplyDelete
  5. artikelnya keren mas, sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  6. @sam : sam thank you ... you always see here:) btw you are very diligent in updating your blog...keep up :)

    ReplyDelete
  7. @ociem : thanks sob...langsung bertamu nih :)

    ReplyDelete
  8. Thanks Artikelnya gan. Tapi blog saya kok masih eror ya, walaupun sudah ikuti anjuran dari anda. Tolong di balas di salah satu artikel saya. Thanks

    ReplyDelete
  9. postingan bagus, tapi aku juga gak bisa... kira2 menunggu berapa lama ya, dari kemarin belum ada yang terindeks...??

    ReplyDelete
  10. bagaimana yua kalau tidak bisa, dari kemarin ku tak bisa

    ReplyDelete
  11. @fikri: normalnya +/- 10 menit statusnya kalau dicek pasti sudah oke dengan tanda contreng hijau...kalau blognya benar-benar baru submit dulu ke http://www.google.com/addurl/?continue=/addurl

    ReplyDelete
  12. Punya saya masih saja error.. saya pakai wordpres, sehabis nama web menggunakan apa yah? feed atau sitemap.xml?

    ReplyDelete
  13. Webq pake php gan. Sitemapnya n rss nya udah ane submit di webmaster tool. Pertamanya seh normal centang biru semua. tpi setelah 3 minggunan muncul tanda silang ma tanda seru. Aku resubmit tetep kaya g2.
    Gmn itu gan? maklum ane masih newbie.

    ReplyDelete
  14. @java:waah panjang sob..coba meluncur aja ke ke sini..sob..

    ReplyDelete
  15. MANTEB... BOSS... INFONYA .... UNEK2 YANG DI CARI2 PARA NEWBIE SELAMA INIMANTEB... BOSS... INFONYA .... UNEK2 YANG DI CARI2 PARA NEWBIE SELAMA INI

    ReplyDelete
  16. atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=100 <= aku pake ini bisa bro,,feedku jg pake custom kok..huft bs juga..thanx infonya bro..hehe...skalian blog walking hehe..
    (www.venomia.blogspot.com)

    ReplyDelete
  17. tg gan.
    ane dr td pusing cari cara benerinnya.eh ternyata ketemu juga.hahahaha
    oiya sekalian blogwalking juga
    http://masjo.blogspot.com

    ReplyDelete
  18. terimakasih atas info nya gan...oh ya,tapi kok sekedar terindex ya??? ga mau muncul di kata kunci,padahal uda di optimasi...ada solusi ga gan?? thanks yow..salamdari ayu mustika

    ReplyDelete
  19. mantap infonya gan..

    di coba dulu..

    mampir juga di http://klikiri.com

    ReplyDelete
  20. Segera ke lokasi. makasih infonya gan

    ReplyDelete
  21. kalau wp gimana gan.. punya ane kena perigatan trus
    http://toko-qta.com

    ReplyDelete
  22. terimakasih atas tutorialnya gan.. semoga semakin maju blognya

    ReplyDelete
  23. terimakasih atas tutorialnya gan

    ReplyDelete
  24. untuk wordpress min,,, ada tutorialnya?

    ReplyDelete
  25. mas mengatasi kesalahan lainyya gimana mas, feed/post/summary

    ReplyDelete
  26. Nice Blog and article. Thanks for sharing

    ReplyDelete
  27. mantap gan infonya .. kalau mengatasi penalty goggle gimana caranya y gan, tlg kasih solusinya gan, makasih by admin http://tokoobat-pasutri.com/

    ReplyDelete
  28. Thanks for sharing here
    I am very happy to read your review
    I hope you give a useful topic for everyone.

    ReplyDelete
  29. Kalau sudah masukan sitemap di google webmaster. Tapi semua sitemap yang dimasukan eror dan pending gimana gan?

    Web ane
    http://hikinginbali.com

    ReplyDelete
  30. udah saya coba tutornya mas, tapi belum dapat teratasi :(
    ahmdjazuli.blogspot.com

    ReplyDelete
  31. sangat berguna sekali untuk memasang crawler yg ternyata gagal karena feedburner pada imejifineartcourse.blogspot.co.id ane. tx gan

    ReplyDelete

siapa saja... silahkan berkomentar sesuai dengan bahasan tema postingan, terima kasih atas kunjungannya sobat :)

 
Bloglisting.net - The internets fastest growing blog directoryMy Ping in TotalPing.com Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Preview on Feedage: freewaremini Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes YouSayToo Revenue Sharing Community Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Blogarama - The Blog Directory Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki Add to Spoken to You
Feedage Grade A rated
DMCA.com