Fenomena Sleep Paralysis (tindihen)

Mengatasi Fenomena Sleep Paralysis (tindihen). Bisa saja sampeyan pernah mengalami pengalaman seperti saya??. "tindihen" "rep-rep" entahlah apa persamaan katanya dalam bahasa Indonesia?? mungkin "tindihan" huruf "e" nya tinggal diganti "a" saja, hehe.

Ah itupun istilah dari saya saja, terserah apa namaya menurut daerah anda masing-masing. Yang jelas gejala tindihen ini adalah terjadi pada saat kita sedang tidur, antara sadar dan setengah sadar dimana kita merasa ditindih sesuatu yang maha berat.

Tindihen ini ngga sakit sih, cuma yang kita rasakan sungguh membuat kita bete setengah mati (benar-benar setengah mati) dimana dari ujung rambut ke ujung jempol kaki terasa lumpuh tidak bisa bergerak. Bahkan mulutpun terkunci ngga bisa teriak, lumpuh tak berdaya sementara pikiran sadar dan dilanda kepanikan yang teramat sangat...hihi ngeri ya?

Nah setelah luaaama berjuang & meronta sekuat tenaga biasanya terus mak plong!!! Atau mak byaaaar, baru kita sadar sepenuhnya. Walaupun badan masih lemas gemetaran usahakan langsung bangun dari tempat tidur, ke kamar mandi basuh muka atau ambil air wudlu sholat deh. Kalau langsung buat tidur lagi bisa – bisa terulang lagi (sory ini ngga di dramatisir, beneran kok,  bagi yg sudah mengalaminya pasti angguk-angguk kepala, semoga yang belum mengalami tindihen tidak geleng-geleng kepala, tunggu giliranmu, hehehehe...).


Jangankan di Indonesia di Amerika atau Eropa sekalipun peristiwa ini sering dihubungkan-hubungkan dengan hantu dan masalah supranatural, mahkluk halus atau mungkin Allien nakal yang lagi iseng ngerjain kita. Hadduh bukan dong, kalau ngambil istilah medis fenomena ini disebut “sleep paralysis” “lumpuh diwaktu tidur”.

Dimana “sleep paralysis” “lumpuh diwaktu tidur”  adalah suatu kondisi yang terdiri dari paralysis (lumpuh) dan temporary (sementara), temporary paralysis ini selalu terjadi pada saat hendak tidur istilah jawanya (lagi mau mak leeer) (hypnagogic paralysis) atau pada saat tiba-tiba terjaga/ bangun dari tidur (hypnopompic paralysis).

Menurut data yang saya peroleh di wikipedia.org beberapa studi telah menyimpulkan bahwa banyak atau kebanyakan orang akan mengalami kelumpuhan tidur setidaknya sekali atau dua kali dalam hidup mereka. Sebuah studi yang dilakukan oleh Sedaghat F. et al.telah meneliti pada mahasiswa kedokteran Iran sebesar 24.1% siswa dilaporkan mengalami kelumpuhan tidur.Hasil yang sama dilaporkan antara Jepang, Nigeria, Kuwait, Sudan dan siswa Amerika.

Sering kita jumpai teman, istri, anak  pada saat keadaan mau tidur akan mengalami REM (Rapid Eye Movement) dimana biji mata akan bergerak-gerak, kemudian secara otomatis dari sononya otak akan memberi tahu badan kita untuk istirahat, lantas menyuruh mata kita untuk terkejap alias switch off... aah macam saklar lampu saja.

Nah otak kita pun ada switch off button nya, namanya Recticular Activating System (RAS), apabila otak sudah switch off tubuh kita, maka otakpun mengalami auto switch off RAS, maka yang tinggal hanyalah Auto function  (degub jantung, nafas, refleks, ngorok, nglindur, mimpi, ngiler dll.)

Apabila kita terbangun (nglilir),  RAS akan kembali on, kita akan sadar, fully awake state, tapi celakanya pada fenomena ini, terkadang electrical signal tak diaktifkan oleh otak untuk switch on ke badan kita, maka dapat ditebak apa yang terjadi?  Ya itu tadi, kita akan mengalami “sleep paralysis”.

Akan tetapi paralysis itu tak selau complete atau full, kadang-kadang parsial atau sebagian saja, terkadang ujung kaki atau tangan masih bisa bergerak, tapi badan lain lumpuh total, atau sekedar mulut bisa bicara "aak uuk" (padahal perasaan sudah teriak kueenceng minta tolong).

Sudah kita bahas diatas terjadinya “sleep paralysis” alias tindihen ini bukan hantu blau, jin dan kuntil anak ataupun tuyul iseng, melainkan beberapa hal dan alasan yang mungkin sedang anda alami seperti berikut ini :


  • Anda terlalu lama tidur dalam posisi terlentang. (makanya seingat saya ada sebuah hadits Nabi yang menjelaskan/menganjurkan kepada kita kalau tidur ambilah posisi miring).
  • Anda mempunyai bad habit yang mengakibatkan jadwal tidur yang tidak teratur (irregular sleep clock).
  • Sleep/rest deprivation (alias kurang tidur).
  • Otak anda mengalami stress karena sedang banyak masalah mungkin masalah keluarga, masalah hutang, beaya anak sekolah, mikirin kasus century...bla bla bla, hihihi... pokoknya ada beban yang sedikit menghimpit fikiran anda.
  • Adaya perubahan gaya hidup atau habits secara tiba-tiba ( biasanya tidar-tidur dirumah saja kok tiba-tiba ditangkap belanda disuruh kerja rodi, biasanya olah raganya senam dikit-dikit sambil main watak kok tiba-tiba punya hobby angkat berat di gym, biasanya ongap-angop dikantor kok tiba-tiba disuruh nyangkul di sawah...bla bla bla...).
  • Orang yang mempunyai penyakit “narcolepsy”. Narcolepsy adalah kronis gangguan tidur, atau dyssomnia. Kondisi ini dicirikan oleh kantuk di siang hari berlebihan Excessive Daytime Sleepiness (EDS) di mana seseorang mengalami kelelahan ekstrim dan mungkin jatuh tertidur pada waktu yang tidak tepat, seperti saat di tempat kerja atau di sekolah. Seorang narcoleptic kemungkinan besar akan mengalami gangguan tidur malam hari dan juga tidak normal pola tidur siang hari, yang sering dirancukan dengan  insomnia.

Mengenai Imsomnia silahkan anda anda menuju postingan yang membahas mengenai cara mengatasi Insomnia/ gangguan susah tidur malam di sini. So, kepercayaan kita pada Fenomena Sleep Paralysis (tindihen) ini akan terbelah antara hal gaib & penjelasan medis, itu biasa friksi pendapat di masyarakat. Masih percaya ditindih sama tuyul raksasa, suster ngesot atau bahkan allien iseng? Terserah sampeyan yang menyikapinya sesuai dengan pengalaman masing-masing. Yang punya pengalaman silahkan anda tambahkan disini deh.
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

43 komentar:

  1. wuih pernah nih ngalami, kirain ditindih setan, ga bisa gerak, hampir sesak nafas, mau ngomong susah...
    tp pasa baca2 ayat dalam haati tiba2 ilang..
    ternyata klo dimedis ada penjelasannya ya...

    BalasHapus
  2. pernah ngalami sih,,,yang bisa bergerak cuman mulut,,tapi gak da suaranya,,,
    kiraen liat setan..

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. wuh aku pernah ngalamin juga nih.. makasih atas infonya ya.. :D

    BalasHapus
  5. beuh pernah saya mengalaminya, waktu itu saya gak bisa bangun sama sekali dan terasa teriak2 keakutan... lagian habis nonton pilem horor..heuheu dasar sayah mah borangan ku jurig teh..

    makasih sob atas sharingnya, sangat bermanfaat buat saya...
    jadi nanti kalau mau tidur, lupain dulu deh hutang, biar gak ditindaih sama yang memeberi utang..heuheu
    salam

    BalasHapus
  6. Hal ini disebabkan oleh makhluk halus sejenis jin.. yang ingin merasuki/masuk ketubuh .. biasanya saat mau tidur lupa berdo'a. Saya bisa mengatakan hal ini karena saya pernah mengalaminya dan bertemu dengan jin-nya...hampir saja jinnya tidak bisa pergi.. saat itu saya langsung ingat dan membaca bacaan Istigfar dan Ayat Kursi. Selanjutnya dia terbang masuk kedalam pintu..!!

    BalasHapus
  7. wuih iya tuh ane jg pnah ngrasian jg..
    yg di atas ane kok bkin merinding ya...

    BalasHapus
  8. @ Lembaga Pelatihan : weleeh..kok aku jadi merinding ya..baca pengalamannya..bisa jadi tuh..diluar penjelasan medic..hal-hal gaib seperti itu bisa saja terjadi...

    BalasHapus
  9. kunjungan rutin malam aja...

    BalasHapus
  10. wah sob, ono2 wae yo post-mu iki...
    tapi keren...gek iki aku moco koyo ngene...
    aku sering koyo ngono sob, nggak sekali duakali, ber kali2 sob....
    po bener iku cuma lumpuh, nggak diapa2kan kan sama jin.hak3x....

    BalasHapus
  11. Iya bener.Rasanya menyakitkan

    BalasHapus
  12. wah iy bro..
    ak juga pernah kyk gitu..
    rasanya mau bangun aja susah..
    hmm...
    kunjungn balik nih bro thanks ya..

    BalasHapus
  13. ane dulu sering gan. wah gak enak bner rasanya, tapi karena kecapean. Tp skarang udah jarang. Terakhir karena tindihen jin. Percaya g? Soalnya rasanya beda. Hiiiii, jangan lagi deh. Ampuuun

    BalasHapus
  14. thanks brother infonya sangat berguna ,,,saya juga sering tindihen

    BalasHapus
  15. mampir sambil tinggalkan pesan, hantam blog sobat dg ini moga cocok ok Klik sini

    BalasHapus
  16. saya juga pernah mengalami....saya kira cuman saya ..tapi saya percaya itu memang ada demit pada saat kita tidur ato demit itu lagi tiduran dikasur kita ...

    BalasHapus
  17. nice post thankss
    http://anjrot.com/

    BalasHapus
  18. Numpang links yach,,, links anda sudah kami pasang di http://bangbom.blogspot.com

    BalasHapus
  19. wew
    kaya githu toh
    ya ya ya
    *ngangguk ngerti

    BalasHapus
  20. baru aj q mu nyari artikel tentang ini,
    eh kamu blogwalking ke web q, thank's ya

    ditunggu coment balik nya..

    BalasHapus
  21. Ada tambahan dikit, mas, teori saya sih. Saya cukup sering mengalami ini, ga enak banget.

    Setiap saya "ketindihan" kaya gini, yg sering saya temukan adalah (otak saya sadar/aktif)ada bagian tubuh yg terlipat(terjepit/kram).

    Entah bagaimana caranya saat saya "ketindihan" saya bisa tau penyebabnya, dan terbangun setelah saya berusaha memperbaiki posisi tidur tadi.

    BalasHapus
  22. @ Atif : Betul banget sob..posisi tidur penting banget...hindari posisi terlentang.... ambil posisi miring..pasti ngga akan ketindihen dijamin deh..aku dah pernah coba,waktu itu aku kecapean.. pas lagi mau mak leerr...kok tiba-tiba ada gejala mau tindihen..langsung ambil posisi miring..eh ngga jadi deh..ada kok dalam hadits... :)

    BalasHapus
  23. yupz...bener bangeeet sob.
    owh...ternyata sebabnya seperti itu y kirain karena ada mahluk2 gtu gk twnya bukan y.

    jd lega deh dengernya,
    bagus sob artikel mu..

    BalasHapus
  24. Yup di hadis di kasi tau kok, mungkin scr teori (ane bukan org kedokteran), ketika ada bagian tubuh yg kram, entah telinga terlipat sedikit aja, aliran darah tidak lancar, akibatnya, terjadi gangguan metabolisme tubuh. Otak tersadar, namun ternyata 'tidak tersambung' dg badan.

    BalasHapus
  25. kalo orang sunda bilang mah reup-ereup y kl g salah ^_^

    soalnya bundaQ sering bgt,,,mana skrg d rumah cm be2 sm ade,,jd suka khwatir kl kna lg gda yg bangunin,,T__T

    BalasHapus
  26. @Atif Romeo:waah bener itu mas..masukan baru tuh...masuk logika...penyebab lain terjadinya tindihen..bisa jadi sebagian orang dari itu juga.

    BalasHapus
  27. @Rinda:sebagian didaerah jatim sebutanya mirip kok "irep-irep" kali ya...hihi..waah gawat ya..kasian bundanya..coba rinda saranin ke bundanya...ambil tidurnya posisi miring deh :)

    BalasHapus
  28. aq sih pernah ngalami tp g tau napa secara reflek, antara sadar dan enggak aq baca ayat kursi. perlahan2 jd g tersa lagi

    BalasHapus
  29. hahaha
    coba dah berapa kali kalian kena??
    w dah lebih dari 5 kali kayaknya...
    dan mimpi sbelum terjaganya
    nelen kotak segede lapangan tenis...
    yup! i'm not lying,, kadang kalo lagi cape banget aku mimpi nelen kotak ato bola yang super gede,,, ada levelnya, level 1 segede bak mandi, level 2 segede rumah, level 3(biasanya langsung kebangun) nelen gedung lapangan tenis indoor...
    kalo bisa tolong selidiki juga ya penyebabnya,,,,
    hhe makasih

    BalasHapus
  30. @ Sohendar : menyedihkan sekali ya hahaha...

    BalasHapus
  31. @rizky2009, bener bgt bos, biasanya, pas aku baca ayat kursi ato minal al fatihah, 'simpul' itu bisa lepas. Ga tau juga dah, yg pasti fenomena ini luar biasa, buktinya yg komen disini aja ada banyak. ^^

    BalasHapus
  32. hello! woody my friend. how have you been? I am dropping by to greet you a fun and blessed weekend! :-)

    BalasHapus
  33. @ sam : hello my good friend sam ... how many months did not see you? how I was doing very well ... I hope you also have good news .. so will your family ... what your activities this week? ... This new few days ... I could move blogging again ... give me a pardon if sometimes late reply to your visit .. :)

    BalasHapus
  34. @Atif Romeo : top dah mas Atif ayat kursi emang manjur buat "shocktherapy" buat hal-hal yang kadang sulit kita jelaskan...

    BalasHapus
  35. Bro woody, ijin artikelnya di co-pas yak.. disebutin kok sumbernya ^^

    BalasHapus
  36. mangga atuh gan :)lanjutkan :)

    BalasHapus
  37. cara ngatasinnya pas udah kejadian gmana ya ? kalo pencegahannya kan di postingan udah ada tuh...ato justru pasrah aja :p

    BalasHapus
  38. tindihen?wah udah g keitung lg deh,dari yg enteng sampe yg g bisa nafas+ditambah suara gemerincing lonceng n suara misterius.yang jelas klo tindihen sekali pasti aq tindihen lagi dan lagi....solusinya biar tindihenya g dateng n dateng lagi cukup mudah,cukup dengerin mp3 lwat headset.dari pengalaman gue,klo udah dsumpel headset,tuh tindihen g bkal ngulang lagi.a nafas+ditambah suara gemerincing lonceng n suara misterius.yang jelas klo tindihen sekali pasti aq tindihen lagi dan lagi....solusinya biar tindihenya g dateng n dateng lagi cukup mudah,cukup dengerin mp3 lwat headset.dari pengalaman gue,klo udah dsumpel headset,tuh tindihen g bkal ngulang lagi.

    BalasHapus
  39. tindihen?wah udah g keitung lg deh,dari yg enteng sampe yg g bisa nafas+ditambah suara gemerincing lonceng n suara misterius.yang jelas klo tindihen sekali pasti aq tindihen lagi dan lagi....solusinya biar tindihenya g dateng n dateng lagi cukup mudah,cukup dengerin mp3 lwat headset.dari pengalaman gue,klo udah dsumpel headset,tuh tindihen g bkal ngulang lagi.fas+ditambah suara gemerincing lonceng n suara misterius.yang jelas klo tindihen sekali pasti aq tindihen lagi dan lagi....solusinya biar tindihenya g dateng n dateng lagi cukup mudah,cukup dengerin mp3 lwat headset.dari pengalaman gue,klo udah dsumpel headset,tuh tindihen g bkal ngulang lagi.

    BalasHapus
  40. mantap informasi yang jarang asya baca nih nice info ...

    BalasHapus
  41. Barusan q ngalamin..
    ughttt

    saran q
    kalo habis tindihen,
    bersihin kasur bantal selimut kita
    baca do'a dulu sebelum tidur lagi

    bissmillaa hirrokhmannirrokhim

    BalasHapus

Rekomendasi