Flashdisk sehat Komputer aman

Masih segar dalam ingatan kita beberapa waktu yg lalu, kala virus brontoks merajalela menggerogoti dan data kita di harddisk, ironisnya tamu tak diundang tersebut mayoritas numpang lewat bertamu ke computer kita naik “angkot” yang bernama flashdisk yang setiap hari menggantung di leher kita….:) Ya brontoks memang salah satu virus yang yang menyebar melalui flashdisk dengan kadar ketidak sopanan diluar ambang batas..jangankan menghabiskan hidangan data kita…bumbu – bumbu dapur di harddisk kitapun diembat pula hehehe….selain brontoks ada pula tamu tak diundang lain yang cukup membuat kita jadi jengkel seperti worm W32/Conficker, W32/sality dan W32/virus juga dapat menggadakan diri melalui temen kita si flashdisk.



Yah..ibarat teman dapat membawa manfaat dapat pula memberi bencana…so..jangan salahkan si temen kita itu, ibaratnya hanyalah temen yang dapat kita suruh – suruh ngirim data dan nyimpen data kita, tanpa tahu apakah data kita itu udah ditumpangi virus. Maka ngga ada salahnya atau bahkan wajib bagi kita sebagai pengguna computer melakukan upaya agar flashdisk bias melindungi dirinya sendiri dari virus.

Ada tiga cara yang kita lakukan agar flashdisk kita aman dari virus diantaranya adalah:

1. Membuat flashdisk tampak selalu penuh di mata virus, sehingga tidak ada ruang bagi virus untuk menyelinap ke dalam flashdisk, ibarat orang mau naik angkot ngga akan jadi naik karena angkotnya udah penuh. Caranya dengan membuat file bohongan (file dummy)dengan menggunakan software semacam dummy file creator (www.download.com)

2. Cara yang kedua adalah dengan me non aktifkan Autorun.inf. File "Autorun.inf" merupakan file dalam flashdisk yang secara otomatis menjalankan program ketika flashdisk kita colokkan di computer. Celakanya kalau Autorun.inf ini tidak kita matikan, akan membawa masalah ketika ternyata program yang dijalankan adalah sebuah virus. Nah sebaiknya kita matikan saja bukan? Kita bias menggunakan program gratisan semacam Panda USB vaccine. http://www.pandasecurity.com/about/corporate-news/new-58.htm





3. Cara ketiga kita bias memasang flasdisk dengan USB firewall www.net-studio.org USB firewall dapat mencegah semua program ( termasuk virus ) yang berninisiatif bekerja tanpa kehendak kita. Software ini bekerja secara background.

Nah itu beberapa tips agar flashdisk kita aman, computer kitapun jadi aman, selamat mencoba :D
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

1 komentar:

Rekomendasi